shio to peppaa

Do not count your blessings; substract them.

WizIQ: Perangkat E-learning untuk Guru dan Siswa


Bismillahirrahmanirrahim,

Pertama kali berkenalan dengan mahluk yang namanya WizIQ ini adalah ketika saya masih aktif bergabung di salah satu organisasi nirlaba daring (online) muslimah di Jepang, Fahima. Ada salah satu program Fahima yang bernama Belajar Jarak Jauh (BJJ). Apa itu BJJ? Singkatnya, BJJ adalah sekolah daring yang difasilitasi oleh Fahima yang diperuntukkan bagi anak-anak Indonesia umur sekolah dasar yang tinggal di luar negeri, khususnya Jepang, untuk mendapatkan pendidikan minimal sekolah dasar kurikulum Indonesia. Fahima bekerjasama dengan salah satu sekolah dasar di Indonesia dalam pengadaan para guru, termasuk materi. Anak saya waktu itu termasuk salah satu peserta kelas BJJ. 

YM SkypeMedia yang digunakan di awal berdirinya BJJ ini adalah Yahoo Messenger dan Skype. Jadi, guru dari Indonesia memberikan materi pelajaran melalui dua media tersebut. Kekurangan yang saya rasakan ketika mendampingi anak saya belajar melalui media tersebut adalah media tersebut kurang bisa mengakomodir keberlangsungan belajar mengajar dua arah. Siswa lebih banyak diam dan hanya menerima (mendengar) pelajaran yang diberikan. Anak umur SD diminta diam mendengarkan di depan komputer? Terbayang kan perjuangan orangtuanya masing-masing untuk bisa membuat anak umur SD duduk manis mendengarkan suara guru yang tidak mereka lihat penampakannya :p Beberapa kali saya menemukan anak saya ketiduran ketika saya tinggal sebentar ke dapur atau mengurusi adiknya di ruangan yang lain 😀 Wajar sebenarnya kalau anak saya sampai ketiduran. Kelas BJJ diikuti setelah anak saya sekolah “darat” di SD setempat (Tokyo). Lelah pastinya, ditambah “hanya” mendengarkan pelajaran Indonesia yang untuk sebagian besar anak-anak yang tinggal di luar negeri adalah pelajaran yang amat sangat rumit bahasanya. Mereka butuh media yang lebih interaktif.

WizIQKondisi inilah yang menyebabkan saya (yang waktu itu berada di departemen Teknologi Informasi dan Komunikasi Fahima) “terpaksa” melanglang buana di dunia maya untuk mendapatkan media yang bisa mendukung e-learning untuk guru dan siswa dengan lebih interaktif. Bertemulah akhirnya saya dengan mahluk yang bernama WizIQ ini. WizIQ yang memang didesain untuk melangsungkan kelas daring memungkinkan interaksi aktif antar dua belah pihak, guru dan siswa. Yang lebih mencengangkan lagi, gratis! Penting nih untuk sebuah organisasi nirlaba 😉 Tentu saja layanannya terbatas, tetapi bermodalkan WizIQ gratisan pun amat sangat cukup untuk melangsungkan sebuah kelas yang interaktif. Mereka juga memiliki plan berbayar yang menyediakan lebih banyak lagi layanan. 

Yuk, kita lihat apa saja kemudahan yang ditawarkan mahluk yang bernama WizIQ ini!

Tidak perlu proses pengunduhan (download), mudah digunakan untuk banyak siswa.

No downloads, easy-to-use for any number of attendeesTidak seperti Yahoo Messenger atau Skype, baik guru maupun siswa tidak perlu mengunduh apa pun. Hal ini sangat memudahkan mengingat sebagian besar guru dan (orang tua) siswa yang tergabung dalam BJJ adalah orang awam yang masih “takut” dengan komputer, sehingga prosesi unduh-mengunduh adalah salah satu proses yang terasa cukup merepotkan bagi mereka. Tidak perlu mengunduh berarti juga tidak perlu melakukan proses instalasi. Proses yang dilakukan relatif hanya login, membuka kelas, dan untuk guru, bisa mengundang siswa sebanyak-banyaknya.

Papan tulis untuk menulis dan menggambar 

WizIQ02Pernah membayangkan “membawa” sekolah Anda kemana-mana? Itulah yang kurang lebih ditawarkan oleh WizIQ. WizIQ seperti miniatur kelas, lengkap dengan papan tulis dan segala peralatan “perang”-nya yang memungkinan siswa tetap fokus dan tertarik pada materi yang disampaikan oleh guru. Baik guru maupun siswa bisa menulis dan menggambar dengan menggunakan alat tulis dan alat gambar standar yang disediakan. Sangat interaktif! 

Menampilkan bahan ajar interaktif: presentation, audio dan video

WizIQ3Selain menulis dan menggambar langsung di papan tulis, WizIQ juga memungkinkan guru untuk menampilkan bahan ajar yang lebih interaktif seperti presentation (contoh: berkas/file Power Point), berkas suara (audio), dan video. Bahkan WizIQ memungkinkan guru untuk langsung menampilkan video yang ada di YouTube. Siswa juga diberikan fitur untuk bisa “mengacungkan tangan” untuk bertanya kepada guru. Sangat menyerupai kelas sesungguhnya!

Interaksi guru dan siswa melalui audio dan video

WizIQ4WizIQ memungkinkan guru dan siswa untuk berinteraksi melalui suara (audio) dan gambar (video). Siswa bisa melihat wajah guru yang mengajar dan guru pun bisa melihat wajah para siswanya. Para siswa pun bisa melihat wajah teman-temannya sesama siswa. Sangat menarik, terutama untuk anak-anak 🙂 Guru juga dimungkinkan untuk memperlihatkan layar komputernya kepada para siswa.

Interaksi guru dan siswa melalui teks

WizIQ5Secanggih-canggihnya fasilitas yang diberikan, WizIQ masih mempertahankan interaksi melalui teks (chat). Serupa dengan Yahoo Messenger dan Skype, WizIQ juga memungkinkan guru dan para siswa untuk “ngobrol” melalui teks. Selain diskusi yang bisa dibaca oleh semua, guru juga bisa memberikan pesan teks pribadi kepada siswa yang diinginkan. Siswa juga bisa menyampaikan pesan pribadinya kepada guru, tetapi tidak kepada sesama siswa. 

Kontrol penuh kegiatan belajar mengajar di kelas

WizIQ6Tidak seperti Yahoo Messenger dan Skype yang memang tidak didesain untuk membuat kelas, salah satu kelebihan penting WizIQ dalam rangka kegiatan belajar mengajar adalah guru bisa mengontrol penuh terhadap kelas yang sedang berjalan. Kapan murid boleh menulis/menggambar di papan tulis, kapan murid boleh berbicara, dst ada di dalam kontrol guru. Pengalaman saya, sulit sekali membuat anak-anak tidak berebut bicara di dalam kelas apabila menggunakan Yahoo Messenger maupun Skype karena guru tidak punya kontrolnya. Guru harus bersusah payah mengingatkan siswa untuk mematikan suara di komputer mereka masing-masing supaya tidak mengganggu guru yang sedang menyampaikan materi misalnya. Di WizIQ, guru yang memegang kontrol semua itu. Guru bisa mematikan suara salah satu atau semua siswanya dan bisa juga menyalakan suara mereka apabila memang waktunya para siswa berbicara.

Merekam kelas

WizIQ7Salah satu siswa ada yang sakit? Berhalangan sehingga tidak bisa mengikuti kelas sesuai jadwal? Jangan khawatir! Ini adalah salah satu kelebihan WizIQ dari kelas biasa. Guru bisa merekam semua proses belajar mengajar. Siswa yang berhalangan hadir tetap bisa mengikuti pelajaran dengan memutar rekaman kelas yang bersangkutan, siswa yang hadir pun bisa memutar rekaman kelas bila dirasa perlu untuk mengulangi pelajaran yang sudah diikuti. Rekaman juga bisa digunakan pihak-pihak terkait untuk mengontrol kualitas kelas, termasuk guru. Memudahkan sekali ya?

Notifikasi dan presensi

WizIQ8Guru bisa mengundang siswa dengan memasukkan alamat surel (email) para siswa. WizIQ secara otomatis akan mengirimkan notifikasi berupa tautan (link) kelas kepada para siswa melalui surel. Siswa hanya perlu mengklik tautan tersebut untuk menemukan kelas. Guru juga dimudahkan dengan masalah presensi siswa. WizIQ mencatat presensi masing-masing siswa lengkap dengan berapa lama siswa tersebut hadir di kelas yang bersangkutan. Sekali lagi, memudahkan sekali ya?

Selain banyak yang sudah dijabarkan di atas, sebenarnya masih banyak fitur lainnya yang membuat WizIQ ini sangat ideal untuk dijadikan sarana untuk mewujudkan suasana kelas riil ke dalam komputer. E-learning untuk guru dan siswa bukan lagi mimpi yang harus dibayar mahal untuk mewujudkannya.  

Rasulullah Saw bersabda, “Apabila anak Adam meninggal dunia maka terputuslah amalnya kecuali tiga perkara yaitu sedekah jariyah, ilmu yang bermanfaat dan anak shaleh yang mendoakan kedua orang tuanya.”(HR. At-Tirmidzi)

Yuk, kita sebarkan ilmu yang bermanfaat seluas-luasnya! Melalui e-learning, ruang dan waktu sudah bukan menjadi masalah lagi. Insya Allah.

Wallahu a’lam bissawab; dan Allah lebih mengetahui yang sebenar-benarnya.

Referensi: http://www.wiziq.com

Iklan

About sellymeliana

Ibu rumah tangga dengan satu suami, 2 anak laki-laki, dan 1 bayi perempuan ;)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Information

This entry was posted on 21 Desember 2013 by in e-Life, Review, Yuk, berbagi! and tagged , , .

Mesin Waktu

%d blogger menyukai ini: