shio to peppaa

Do not count your blessings; substract them.

Let’s Talk About Diaper! – Cover + Prefold


Bismillahirrahmanirrahim,
Akhirnya menulis tentang popok kain/cloth diaper/clodi lagi setelah sekian lama. Every child is unique benar-benar berlaku pada anak-anak saya, termasuk urusan popok ini. Berbeda dengan kakak terdekatnya yang berpaha besar ketika bayi, anak bungsu saya yang lusa akan berusia 3 bulan memiliki paha yang super langsing. Setelah berbagai percobaan, ternyata popok yang paling cocok untuk anak saya sejak newborn hingga hampir 3 bulan ini adalah cover + prefold.

Prefold itu bahasa kerennya kain penyerap ompol yang bisa dibilang gak diapa-apain, jadi ya bentuknya segi empat aja. Sejatinya, kain apa pun yang bisa menyerap air sebenarnya bisa dibuat jadi prefold. Kapan-kapan deh bahas soal macam-macam bentuk prefold. Prefold yang sekarang saya pakai adalah loop prefold. Penampakannya bisa dilihat di gambar di samping tulisan ini. Gambarnya saya comot dari sini. Jadi bentuknya sebenarnya bentuk segiempat biasa, hanya dijahit loop, supaya lapisannya lebih banyak (jadi bisa menyerap ompol lebih banyak) tapi tetap bisa cepat kering ketika dijemur (genius concept!).

1455150563931Prefold ini karena kain biasa tentu saja tidak waterproof/tahan air. Supaya prefold basah tidak merembes kemana-mana (kasur, baju, dll), dipakailah cover di bagian luarnya.
Cover favorit yang oke buat paha langsing di usia anak saya sekarang (0-3 bulan) adalah cover merk Akachan365 dan Grovia.
Kedua merk ini benar-benar bisa disetel sampai menutup paha sehingga tidak terjadi kebocoran ketika bayi pee, dan yang lebih penting lagi, tidak bocor ketika bayi poo hehe.1455150615320Cover merk lokal (Indonesia) yang saya baca-baca review-nya bagus adalah Ecobum Universal Cover.  Kepingin nyobain sebenarnya, tapi khawatir lubang pahanya tidak cukup kecil untuk paha langsing anak saya. Oh ya, di bagian paling kanan foto sebelah kiri itu namanya liner. Liner disimpan di atas prefold supaya kulit bayi tetap kering. Liner favorit saya adalah yang berbahan suede. Tidak selembut fleece, tapi rasanya lebih kering dan bekas poo bayi newborn yang lengket ituu gampang sekali dibersihkannya. Saat ini di pasaran lokal, hanya merk Lipop yang menyediakan liner berbahan suede ini. Foto sebelah kanan menunjukkan popok yang sudah siap dipakai (cover + prefold + liner).
Merk akachan365 ini passs sekali untuk paha langsing karena double gusset nya cukup lebar sehingga bisa menutup dengan baik. Sementara grovia, walaupun tidak memiliki double gusset setelan snap (kancing)-nya bisa diatur sedemikian rupa sehingga bisa menutup paha langsing anak saya.
1455150215513Ngomong-ngomong apa itu double gusset? Berikut kata Om wiki: “inner elastic band for better fit and containment of waste material“. Buat lebih gampangnya bisa dilihat foto di samping kiri tulisan ini. Bagian yang menempel ke paha itu yang disebut sebagai double gusset.

 

Yak, demikian sekilas info. Happy cloth diapering!

1455150451866

 

Iklan

About sellymeliana

Ibu rumah tangga dengan satu suami, 2 anak laki-laki, dan 1 bayi perempuan ;)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Information

This entry was posted on 12 Februari 2016 by in Yuk, berbagi! and tagged , , , , , .

Mesin Waktu

%d blogger menyukai ini: