shio to peppaa

Do not count your blessings; substract them.

[MEP] Membandingkan Dua Gambar


Bismillahirrahmanirrahim,

Melanjutkan catatan petualangan Kiku dengan MEP. Berusaha selalu mencatat untuk pengingat pribadi dan eeh, siapa tauk aja ada yang bisa mengambil manfaatnya, lumayaann, buat tabungan πŸ˜‰ Aamiin.

Lembar kerja kali ini diambil dari Lesson Plan 3 Activity 2 dan Lesson Plan 4 Activity 1.

T: LoScreen shot 2013-10-23 at 3.05.36 PMok at the picture. Count the dolls. How many dolls are there?

Ps: There are two dolls.

T: If you agree, turn your thumb up. What can you say about the dolls? E.g.

A: One doll is coloured and the other is not.

B: Same shape

. C: Same size.

T: So Ann has two dolls which look alike.

Colour the second doll to make it look like the first doll. What colours will we use? Red, brown, pink, violet, green and light blue.

Yang saya lakukan adalah mencetak gambar di atas. Tapi berhubung tinta warnanya habis 😦 Jadi tetap butuh bantuan komputer untuk menunjukkan versi gambar berwarnanya.

Pertanyaan versi saya: (S: saya, K: Kiku, anak saya)

S: “Itu gambar apa yaa??”

K: “Oraanggg!”

S: “Iyah betull, itu boneka orang. Coba hitung bonekanya ada berapa yaa?”

K: “Duaaa!”

S: “Wihh, jagoann. Coba lihat deh bonekanya itu gimana?”

K: *bingung*

S: “Rrrrr, ada bedanya gak ya bonekanya?”

K: “Samaaa.”

S: “Warnanya gimana? Sama juga?”

K: “Enggakk!”

1382498877519Selanjutnya saya meminta Kiku untuk menyebutkan warna-warnanya.

Setelah itu dia mewarnai gambar boneka yang ada di kertas dengan pilihan warna yang sama dengan yang ditunjukkan di buku. Tumben mau tuh tadi, biasanya warnanya ya suka-suka dia aja, hehe .. Kalau misalnya anak ingin mewarnai sesuai keinginan dia, biarkan saja. Yang lebih penting itu (menurut saya) latihan menyebutkan warna dengan benar.

BuahSelanjutnya membandingkan dua benda ini juga bisa kita temui di aktifitas selanjutnya. Kali ini gambar buah-buahan di piring. Idealnya sih gambar buahnya diganti dengan buah yang lebih familiar. Tapi berhubung mengerjakannya dadakan, daripada lama lagi danΒ mood anak keburu turun, yaa jadi tadi saya memulai dengan memperkenalkan nama-nama buah yang ada di dalam piring terlebih dahulu.

Berikut saya salin ulang aktifitas untuk buah-buahan ini yang berhubungan dengan aktifitas membandingkan dua benda: (T: Teacher/Guru/Orang Tua)

T: The same kinds of fruit are on the next two plates but something has been changed. Circle the fruit which is different from the one on the first plate.

T: Repeat the question for the lst (third) plate.

Pertama bandingkan dulu buah di piring pertama dengan yang kedua, selanjutnya yang kedua dengan yang ketiga. Untuk Kiku, karena dia doyan mewarnai, saya cetak gambar buah-buahan tadi tanpa warna sehingga Kiku bisa ada tambahan permainan: mewarnai buah πŸ˜€

Catatan penting untuk bermain sambil belajar dengan anak adalah menjaga kata-kata yang kita keluarkan ketika mengomentari pekerjaannya. Ketimbang bilang “salaaaahh” ke anak, mungkin lebih baik diganti dengan kata-kata seperti “sedikit lagiii” atau “yak, hampir-hampir coba lagi”, dan sejenisnya. Ingat juga untuk memuji anak kalau jawabannya benar πŸ˜‰ πŸ˜‰

Tulisan terkait:Β https://shiotopeppaa.wordpress.com/tag/mep/

About sellymeliana

Ibu rumah tangga dengan satu suami dan tiga anak :D

1 comments on “[MEP] Membandingkan Dua Gambar

  1. Ping-balik: [MEP] ….. Di Antara ….. | shio to peppaa

Tinggalkan komentar

Information

This entry was posted on 23 Oktober 2013 by in Parenting, Yuk, berbagi! and tagged , .

Mesin Waktu